Home » Kabar Kota » 440 Personel Polresta Pekanbaru Siap Diterjunkan Amankan Penetapan Wali Kota

440 Personel Polresta Pekanbaru Siap Diterjunkan Amankan Penetapan Wali Kota

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Kepolisian Resor Kota Pekanbaru menyiapkan 440 personel untuk mengamankan penetapan dan pengumuman calon wali kota dan wakil wali kota terpilih periode 2017-2022 hasil pemilihan kepala daerah 15 Februari lalu.

“Polresta Pekanbaru menurunkan personil sebanyak 440 orang ditambah dari Satuan Polisi Pamong Praja kota sebanyak 30 orang,” kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polresta Pekanbaru, Ipda Dodi Vivino di Pekanbaru, Selasa.

Penetapan tersebut diselenggarakan di Jalan Sudirman Pekanbaru, Rabu. Menelang kegiatan tersebut polisi menyampaikan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat hingga saat ini relatif kondusif.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru dapat dengan lapang hati menerima hasil pesta demokrasi sekali lima tahun ini,” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru akan melakukan penetapan pasangan calon terpilih sempat ditunda dari harusnya pada 8 Maret. Ketua KPU Pekanbaru Amiruddin Sijaya mengemukakan penundaan penetapan calon terpilih oleh KPU akibat keluarnya surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 3/2017 dan surat MK Nomor 28/MK/PANMK/3/2017.

Surat itu tentang konfirmasi jadwal dan waktu penerbitan surat keterangan MK yang tak terdaftar dalam perkara, Pekanbaru masuk di dalamnya. Jadi untuk melakukan penetapan harus ada dulu surat persetujuan dari MK yang dalam sidang perselisihan hasil pemilihan (PHP) kepala daerah baru diterbitkan pada 13 Maret.

Sebelumnya, KPU Pekanbaru dalam pleno menetapkan calon nomor urut 3 yakni, Firdaus-Ayat Cahyadi meraih suara terbanyak 33,16 persen dan dinyatakan memenangkan Pilkada 2017.

Petahana tersebut dalam penghitungan rekapitulasi suara di tingkat KPU meraih suara terbanyak, yakni 94.784 suara dari 285.787 jumlah suara sah pada Pilkada Pekanbaru 2017. “Dari lima Paslon Firdaus-Ayat Cahyadi mendapat suara 33,16 persen,” kata Amiruddin Sijaya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengembangan Ekowisata di Wakatobi Wujud Sinergi Jasa Raharja Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

PEKANBARUPOS.COM, JAKARTA – Jasa Raharja bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mendukung pengembangan ...