Home » Kabar Kota » Kadisdik Riau Heran Ada SMA di Pekanbaru yang Tidak Mau Menumpang UNBK di SMK, Ini Alasannya

Kadisdik Riau Heran Ada SMA di Pekanbaru yang Tidak Mau Menumpang UNBK di SMK, Ini Alasannya

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Ujian Nasional (UN) secara serentak diseluruh Indonesia dilaksanakan hari ini, begitu juga diseluruhs kabupaten/kota di Riau. UN dilakukan dengan cara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Mirisnya, ada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Pekanbaru, Riau, yang enggan menumpang laksanakan UNBK di Sekolah Menengah Kejuruan.Saat melakukan sidak UN dibeberapa sekolah SMA di Pekanbaru, Kepala Dinas Pendidikan Riau Kamsol mengatakan, kalau dirinya heran ada SMA yang tidak mau menumpang UNBK di SMK. Padahal jarak sekolah SMA tersebut dekat dengan SMK.”Saat saya sidak ke SMA 1 Pekanbaru, SMA 9 Pekanbaru, MAN Model Pekanbaru dan saat di SMA 3 Pekanbaru, saya tanyakan kenapa masih manual. Sementara didekatnya ada SMK yang bisa menumpang untuk melaksanakan UNBK,” katanya di ruang kerjanya, Senin. Dikatakannya, faktor atau alasan kenapa SMA enggan menumpang dalam melaksanakan UNBK, karena faktor sosial yang menjadi pertimbangan dan bukan karena faktor alat yang kurang memadai. Faktor sosial yang menjadi pertimbangan kenapa SMA tidak mau menumpang UNBK di SMK.

“Faktor sosial ini yang menjadi pertimbangan SMA kenapa mereka tidak mau menumpang di SMK, meskipun jarak antar sekolahnya dekat. Saya pun heran kenapa mereka tidak mau menumpang, meskipun SMK sudah UNBK terlebih dahulu,” ujarnya.Meskipun di Pekanbaru masih ada SMA yang tidak mau menumpang UNBK di SMK, dijelaskannya, proses UN diseluruh kabupaten/kota di Riau berjalan lancar dan belum ada laporan adanya kendala dalam proses ujian.”Ya, kita harapkan pelaksanaan UN tahun ini untuk SMA, SMK dan MA, berjalan dengan lancar. Kita harapkan juga untuk tingkat kelulusan bisa 100 persen untuk seluruh kabupaten/kota di Riau,” jelasnya. Dimana ada 40.927 pelajar SMA/MA/SMK di Riau yang melaksanakan UNBK, semantara ada 43.268 pelajar mengikuti UNKP. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengembangan Ekowisata di Wakatobi Wujud Sinergi Jasa Raharja Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

PEKANBARUPOS.COM, JAKARTA – Jasa Raharja bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mendukung pengembangan ...