Home » Kabar Kota » Ternyata Visi Riau Jadi Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara Sangat Didukung Singapura

Ternyata Visi Riau Jadi Pusat Kebudayaan Melayu di Asia Tenggara Sangat Didukung Singapura

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Visi Riau 2020 untuk menjadi pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara telah menjadi tekad yang bulat. Sehingga, apa pun suku dan agama masyarakat yang tinggal di Bumi Lancang Kuning ini wajib ikut menyukseskannya. Bahkan, negara tetangga seperti Singapura pun terang-terangan telah memberikan dukungannya kepada Riau.”Kita sudah putuskan pada 2001 dulu tentang Visi Riau 2020. Oleh karena itu, seluruh masyarakat Riau apapun sukunya wajib mendukung dan menyukseskan Visi Riau 2020,” tegas Andi saat membuka workshop Pembinaan dan Pengakuan Masyarakat Adat se-Provinsi Riau di Hotel Ayola Pekanbaru, Rabu malam.Gubri menceritakan, bahwa tekad Riau melalui Visi Riau 2020 itu juga mendapat dukungan dari Singapura. Ini dikarenakan tokoh-tokoh adat Riau dianggap cukup banyak sumbangsihnya dalam pengembangan budaya Melayu di Singapura.”Baru-baru ini saya diundang ke Singapura oleh Menlu Singapura Dr Mohamad Maliki Osman. Pada pertemuan itu juga hadir Dubes Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya. Alhamdulillah Singapura mendukung Visi Riau 2020,” urainya.

Bahkan, Menlu Singapura dalam waktu dekat berencana ke Riau untuk melihat lebih jauh seperti apa Negeri Melayu Lancang Kuning.”Ternyata tokoh-tokoh adat kita seperti mendiang H Tenas Effendy punya kontribusi yang besar terhadap Pusat Kebudayaan Melayu di Singapura. Insya Allah, Juli tahun ini Menlu Singapura akan berkunjung ke Riau,” ulasnya.Sekedar pengingat melalui berbagai upaya, Gubri dalam hal ini Pemprov Riau terus berusaha mewujudkan Visi Riau 2020 khususnya terkait budaya Melayu. Diantaranya dengan mengeluarkan Pergub tentang pentingnya budaya Melayu sebagai muatan lokal dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah.Selain itu juga terkait pencanangan pariwisata berbasis budaya dan terakhir membentuk Dinas Kebudayaan. “Ini semua adalah bagian dari upaya kita untuk menyukseskan Visi Riau 2020,” tandasnya (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengembangan Ekowisata di Wakatobi Wujud Sinergi Jasa Raharja Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

PEKANBARUPOS.COM, JAKARTA – Jasa Raharja bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mendukung pengembangan ...