Home » Kabar Kota » 11 Cagar Budaya di Riau Ini Akan Diusulkan Ke Pemerintah Pusat

11 Cagar Budaya di Riau Ini Akan Diusulkan Ke Pemerintah Pusat

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi Riau yang berada dibawah Dinas Kebudayaan Provinsi Riau akan mengusulkan 11 cagar budaya ke Pemerintah Pusat.

Hal ini terungkap saat digelarnya Rapat Penetapan Cagar Budaya Bergerak dan Tidak Bergerak, Rabu di Hotel Grand Central Pekanbaru.

Dari 11 Cagar budaya yang diusulkan tersebut didominasi oleh cagar budaya yang berada di Kabupaten Siak sebanyak 7 cagar budaya yakni
, Istana Siak, Makam Sultan Syarif Kasim, Tangsi Belanda di Mempura Siak, Gedung Landraad di Benteng Hilir Siak. Kemudian, Gedung Controller, Balai Kerapatan Tinggi dan Masjid Raya Syahabuddin.

“Dari data yang kita miliki ini, Siak yang paling banyak cagar budayanya. Daerah lain, tidak begitu banyak,”jelas Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Riau H OK Nizami Jamil.

Sementara untuk daerah lainnya, di Kabupaten Kampar seperti Masjid Jami’ di Air Tiris dan Rumah Adat Bendung Kenagarian 50 Koto. Lalu, di Indragiri Hulu, Komplek Makan Koto Lama di Rengat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Yoserizal Zein menyebutkan, penggalian cagar budaya ini untuk direkomendasikan ke pusat.Sehingga, cagar budaya yang dimiliki Riau mendapatkan pengakuan.

Diharapkan pemerintah kabupaten/kota untuk segera membentuk Tim Ahli Cagar Budaya . Sehingga, semua cagar-cagar budaya dapat terinventaris dengan baik dan menjadi warisan budaya yang mendapatkan pengakuan nasionla maupun internasional.

Pengusulan Cagar Budaya Bergerak ini tidak sembarangan dan harus menyertakan berbagai naskah akademis, dokumentasi berupa tulisan, foto, video dan pendukung lainnya.

Cagar budaya tersebut layak diusulkan menjadi warisan budaya tak benda karena memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama atau kebudayaan. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengembangan Ekowisata di Wakatobi Wujud Sinergi Jasa Raharja Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

PEKANBARUPOS.COM, JAKARTA – Jasa Raharja bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mendukung pengembangan ...