Home » Kabar Kota » 7 Hot Spot Terdeteksi Di Riau

7 Hot Spot Terdeteksi Di Riau

Kabut asap tipis tampak menyelimuti langit Kota Pekanbaru, Rabu (18/1) siang. Menyusul ditemukannya 7 titik panas alias hot spot di empat kabupaten di Riau.
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sugarin SSi saat dikonfirmasi Pekanbaru MX Rabu (18/1) melalui Kasi Data dan Informasi, Slamet Riyadi AP MSi, mengatakan, kabut yang tampak menyelimuti Pekanbaru belum bisa dikategorikan sebagai kabut asap.
‘’Kabut masih kategori haze, belum bisa dikatakan asap,’’ kata Slamet. ‘’Haze merupakan partikel kering yang melayang di udara pada saat musim kering,’’ sambungya.
Sementara Satelit Terra dan Aqua mendeteksi 18 titik panas alias hot spot di wilayah Sumatera. Tersebar ditiga provinsi, yakni Sumatera Barat (Sumbar) 10, Sumatera Selatan (Sumsel) 1 dan Riau ada 7 titik panas.
‘’Hot spot tersebar diempat kabupaten di Riau, yakni Pelalawan 2, Kuansing 1, Bengkalis 1 dan Rokan Hulu 3 hot spot,’’ sebut Slamet.
Namun, berdasarkan Riau Level Confidence (Tingkat kepercayaan,red) di atas 70 persen, di Riau hanya ada 5 titik panas, yakni Bengkalis 1 titik di wilayah Kecamatan Pinggir, Kuansing ada 1 titik di Kuantan Mudik dan Rokan Hulu 3 titik tersebar di Kecamatan Rokan Empat Koto dan Tapung Kiri.
Sementara jarak pandang dibeberapa kota di Riau masih terpantau normal, yakni Pekanbari 6 KM, Rengat 3 KM, Dumai 5 KM dan Pelalawan 6 KM.

Leave a Reply

x

Check Also

Tsunami Terjang Jepang Imbas Gempa Dahsyat Taiwan, 3 Wilayah Kena

Tsunami dilaporkan menerjang Jepang, Rabu (3/4/2024) pagi, saat gempa mengguncang Taiwan. Ini terlihat di tiga ...