Home » Kabar Kota » 448 Napi di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Kabur, Komisi III DPR RI: Ini Pertama di Indonesia dan Dunia

448 Napi di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Kabur, Komisi III DPR RI: Ini Pertama di Indonesia dan Dunia

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Ketua Tim Rombongan Komisi III DPR RI, H Muhammad Nasir Jamil menilai kaburnya 448 narapidana (Napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk Pekanbaru merupakan kejadian luar biasa yang baru terjadi pertama kali di Indonesia, bahkan bisa jadi pertama di Dunia.”Ini kejadian pertama kali di Indonesia dan ada yang bilang pertama di dunia,” kata Muhammad Nasir Jamil di Pekanbaru, Selasa.Ia pun menegaskan pihaknya akan segera memberikan rekomendasi kepada kementerian terkait untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi di rutan-rutan lainnya.”Akan kita rekomendasikan kepada kementerian bagaimana cara mengantisipasi agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi di lapas-lapas lain. Termasuk juga soal over kapasitas,” urainya.

Menurutnya, kondisi rutan yang over kapasitas membuat napi bisa menjadi depresi karena merasa tidak punya masa depan dan kelayakan hidup. Sehingga hal itu membuat napi mudah terprovokasi dengan membuat kerusuhan.”Jumlah penghuni dan penjaga juga tidak sebanding. Ini juga terjadi hampir di semua lapas. Ini akan menjadi usulan dan masukan yang akan kami sampaikan,” tandasnya. (adv)

Leave a Reply

x

Check Also

Tsunami Terjang Jepang Imbas Gempa Dahsyat Taiwan, 3 Wilayah Kena

Tsunami dilaporkan menerjang Jepang, Rabu (3/4/2024) pagi, saat gempa mengguncang Taiwan. Ini terlihat di tiga ...