Home » Berita » Asal Usul Aroma Pandan dari Kelapa Pandan Wangi
Asal usul kelapa pandan wangi.

Asal Usul Aroma Pandan dari Kelapa Pandan Wangi

Kelapa pandan wangi mungkin bukan varietas baru yang kita kenal. Jika ditelusuri asal usulnya kelapa jenis ini telah melewatkan perjalanan panjang.

Ya, seperti yang telah kita ketahui, banyak referensi menyebabkan bahwa asal usul kelapa pandan wangi berasal dari negeri Gajah Putih, Thailand.

Untuk memahami asal usul kelapa pandan wangi, kita perlu melihat sejarah perkembangan varietas ini.

Kelapa pandan wangi adalah sebuah varietas kelapa yang memiliki aroma khas pandan.

Aroma pandan wangi ini berasal dari senyawa kimia yang disebut dengan glikosida 2-acetyl-1-pyrroline (2-AP).

Kelapa pandan wangi memiliki sejarah panjang yang berasal dari Asia Tenggara, terutama dari wilayah Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Dalam bahasa Indonesia, kelapa pandan wangi juga dikenal dengan sebutan “kelapa pandan”, “kelapa bali”, atau “kelapa muda”. Di Malaysia, kelapa ini disebut “kelapa madu”.

Perkembangan kelapa pandan wangi tidak terjadi secara alami.

Ini adalah hasil dari seleksi buatan manusia yang bertujuan untuk mengembangkan varietas kelapa dengan aroma pandan yang khas.

Proses seleksi ini melibatkan pemilihan dan persilangan antara berbagai varietas kelapa yang memiliki karakteristik pandan wangi.

Aroma pandan wangi pada kelapa ini sebenarnya berasal dari pandan (Pandanus amaryllifolius), sebuah tumbuhan tropis yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara sebagai pewarna alami dan bumbu aromatik.

Daun pandan memiliki aroma yang kuat dan khas, dan hal ini menjadi inspirasi bagi pengembangan varietas kelapa dengan aroma serupa.

Melalui proses persilangan dan seleksi genetik yang berkelanjutan, para petani dan peneliti berhasil menghasilkan varietas kelapa yang memiliki aroma pandan wangi yang lebih kuat dan konsisten.

Proses ini melibatkan pemilihan kelapa dengan aroma pandan yang paling kuat sebagai induk, kemudian biji dari kelapa tersebut ditanam untuk menghasilkan pohon kelapa baru dengan karakteristik aroma yang diinginkan.

Kini, kelapa pandan wangi menjadi populer di banyak negara Asia Tenggara dan bahkan diekspor ke berbagai negara lainnya.

Kelapa ini digunakan dalam berbagai hidangan, minuman, dan kue-kue tradisional. Aroma pandan wangi yang khas memberikan sentuhan unik pada masakan dan membuatnya menjadi lebih lezat dan istimewa.

Secara keseluruhan, kelapa pandan wangi adalah hasil dari upaya manusia dalam mengembangkan varietas kelapa dengan aroma pandan yang khas.

Proses seleksi dan persilangan genetik menjadi kunci dalam menciptakan varietas ini, dan kini kelapa pandan wangi telah menjadi bagian penting dari budaya kuliner di Asia Tenggara.***

 

Referensi: Dari berbagai sumber

x

Check Also

JAM Intel Reda Manthovani Dorong Pengelolaan Tambang Timah secara Berkelanjutan & Bertanggung Jawab

PANGKALPINANG – Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM Intelijen), Prof Dr Reda Manthovani, menegaskan bahwa sektor ...