Home » Kabar Kota » Yuk, Belajar Selam Langsung di Raja Ampat

Yuk, Belajar Selam Langsung di Raja Ampat

RAJA AMPAT ,PEKANBARUPOS.COM – Sebuah event menarik sedang berlangsung di Raja Ampat, Papua Barat. Namanya Festival Raja Ampat 2016 yang berlangsung sejak 18 Oktober dan akan berakhir 21 Oktober.

Di festival itu, pengunjung bisa diving (menyelam) dan snorkeling. Bagi pengunjung yang tak bisa diving ataupun snorkeling, akan ada pelatih yang mengajarinya.

Tak butuh waktu lama, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam bawah laut di lokasi selam terbaik versi CNN Travel itu. Raja Ampat adalah rajanya destinasi bawah laut Indonesia dan dunia.

Raja Ampat merupakan tempat tumbuhnya koral terindah, terlengkap dan terbaik dunia. Karenanya, bagi yang tak memiliki keterampilan diving dan snorkeling pun tetap bisa menikmati keindahan alam bawah laut Raja Ampat.

“Bagi diver pemula, atau yang ingin bisa menyelam, dan punya minat snorkeling di rajanya koral dunia, Raja Ampat, datang saja ke Festival Raja Ampat. Ada Try Scuba Diving yang bisa dijajal,” jawab Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Personal Kemenpar, Senin (17/10).

Try Scuba Diving adalah terobosan baru di acara ini. Semua wisatawan yang belum punya pengalaman menyelam akan dibuat ketagihan dengan spot-spot menyelam yang fantastis di Raja Ampat. “Pasti bakal ketagihan karena tujuh puluh persen karang di dunia ada di Raja Ampat,” tambah Raseno.

Hal itu ikut diamini Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati. Menurutnya, selain kekayaan karang dunia, Raja Ampat juga merupakan jantung dari segitiga karang dunia.

Karenanya, Raja Ampat memiliki biota laut yang begitu beragam. ”Ada paus, lumba-lumba, duyung serta penyu,” kata Bupati Umiati.

Selain paus, lumba-lumba, dan duyung, perairan Raja Ampat juga dihuni lima jenis penyu, pari, hiu unik bernama wobbegong dan kalabia atau hiu berjalan. Ada juga kuda laut, ikan endemik yang jenisnya mencapai 15, kerang-kerangan sampai 699 jenis, ikan karang sampai 1427 jenis, dan karang keras 553 jenis.

“Lumba-lumba bisa dilihat setiap hari. Terutama saat perjalanan dari Sorong ke Raja Ampat. Wisatawan bisa melihat lumba-lumba di perairan lepas,” ungkapnya.

Bila ingin merasakan sensasi Try Scuba Diving, wisatawan bisa langsung datang ke Raja Ampat. Keamanannya sangat terjamin. Ada pemandu profesional yang siap menemani wisatawan. “Nantinya akan dipandu oleh para penyelam profesional yang merupakan putra daerah asli Raja Ampat,” katanya.

Nah, bagi yang penasaran bisa langsung datang ke kawasan Pantai Waisai Tercinta, 18-21 Oktober 2016. Dengan mengusung tagline “Lovely Raja Ampat”, ada banyak hal yang bisa dieksplorasi di sana.

“Selain Try Scuba Diving, ada juga beagam lomba, pentas seni dan tari serta hiburan rakyat,” sambung Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo.

Sejumlah kegiatan yang digelar dalam Festival Raja Ampat 2016 antara lain Under Water Foto, Lomba Foto Instagram, Beach Clean, Try Scuba Diving, Lomba Bahari, Wisata Kuliner, Lomba seni kerajinan tangan masyarakat, Paket Wisata Alam, Lomba Foto Jurnalis serta beberapa kegiatan lainnya.

“Raja Ampat itu itu menjadi impian jutaan orang di dunia. Jadi silahkan eksplorasi. Yang ikut lomba foto, jangan lupa sekalian upload di media sosial,” saran Yusdi.

Pilihan untuk memamerkan foto hasil berburu di Raja Ampat pun beragam. Ada Instagram, Facebook, YouTube hingga Twitter bisa digunakan untuk menyebarkan keindahan Raja Ampat kepada dunia.

Mengupload  foto dan video di even seperti Festival Raja Ampat akan sangat membantu mempromosikan pariwisata Indonesia. Jangan lupa ketik hastag #PesonaIndonesia dan #FestivalRajaAmpat,” ajak Yusdi.

Khusus bagi yang ingin ikut lomba foto, panitia masih membuka waktu upload lomba hingga Sabtu, 22 Oktober 2016, pukul 10.00 WIT. Hadiah jutaan rupiah akan diberikan pada pengumuman hari Minggu, 23 Oktober 2016 di akun resmi instagram @festivalrajaampat. “Dan lomba ini gratis, tidak dipungut biaya apapun,” jelas Yusdi.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengucapkan selamat berfestival di Raja Ampat. Destinasi wisata bahari underwater yang paling hebat di dunia versi CNN Travel, dan sudah diakui oleh ratusan blogger dan video blogger di seluruh dunia.

Raja Ampat merupakan surga bagi para penyelam dan penyuka snorkeling yang sudah diselami para selebriti dunia. “Ayo berwisata ke Raja Ampat,” ajak Menpar Arief Yahya.

 

(jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengembangan Ekowisata di Wakatobi Wujud Sinergi Jasa Raharja Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

PEKANBARUPOS.COM, JAKARTA – Jasa Raharja bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mendukung pengembangan ...