Home » Advertorial » BRK Syariah Berangkatkan 1.414 Nasabah ke Tanah Suci, JCH Wilayah Pekanbaru Ikuti Bimbingan Haji

BRK Syariah Berangkatkan 1.414 Nasabah ke Tanah Suci, JCH Wilayah Pekanbaru Ikuti Bimbingan Haji

PEKANBARU – PT Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) menggelar silaturrahmi dan bimbingan haji untuk nasabah BRK Syariah Jamaah Calon Haji (JCH) wilayah Pekanbaru di Ballroom lantai 4 Menara Dang Merdu, Jumat (26/4/2024). Agenda rutin tahunan ini merupakan wujud terimakasih kepada nasabah yang sudah mempercayakan BRK Syariah sebagai Bank penerima setoran biaya penyelenggara ibadah haji.

Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah, M.A Suharto mengatakan Jamaah Calon Haji dari BRK Syariah sebanyak 1.414 orang, diantaranya 658 laki-laki dan dan 756 perempuan. Adapun JCH tertua berusia usia 86 tahunan atas nama Murtini, asal Tanjung Pinang dan JCH Termuda usia 19 tahunan, atas nama Andy Acok, asal Kabupaten Karimun.

“Kegiatan ini juga sekaligus memberikan pembekalan dan bimbingan kepada setiap calon jemaah haji tentang tujuan utama keberangkatan ke tanah suci. Kami yakin semua JCH nasabah BRK Syariah telah melakukan tahapan-tahapan, atau proses sebelum berangkat menunaikan ibadah haji. Selamat menjalankan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur,” kata Suharto.

Suharto menyebutkan, BRK Syariah memiliki produk tabungan untuk haji dan umrah yang akan memberikan kemudahan bagi Calon Jamaah Haji dan Umroh mendaftar melalui BRK Syariah. BRK Syariah merupakan salah satu bank yang dipercaya sebagai Bank penerima setoran biaya penyelenggara ibadah haji oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Adapun produk tabungan haji dari BRK Syariah ini dapat membantu JCH untuk merencanakan ibadah haji maupun umrah di usia muda, melalui Tabungan Haji Muda dan Dhuha Umrah. Haji dan umrah adalah salah satu fokus BRK Syariah dalam mengembangkan ekosistem Islam. Ibadah Haji ini menjadi ciri khas dan amanah bagi bank syariah untuk memberikan layanan prima bagi seluruh jamaah,” ujarnya.

Selanjutnya, Suharto juga menyampaikan pada penghujung tahun 2023 lalu, Bank Riau Kepri (BRK) Syariah memborong 3 penghargaan sekaligus dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) terbaik.

“BRK Syariah sebagai Bank Pembangunan Daerah akan terus mendukung Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam pengelolaan keuangan melalui program layanan jasa perbankan BRK Syariah dengan harapan keberadaan BRK Syariah benar-benar dapat dirasakan baik itu dengan Pemerintah Daerah dan juga tentunya bagi masyarakat Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau,” tuturnya mengakhiri sambutan. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Plt Kepala Kanwil Kemenag Riau Muliardi. JCH harus memperbanyak ilmunya, dan salah satu ilmunya bisa didapat dari kegiatan yang dilaksanakan BRK Syariah ini.

“Ini merupakan layanan BRK Syariah yang bermanfaat untuk menambab khazanah ilmu JCH. Kemenag RI melakukan sejumlah perubahan pelayanan bagi JCH tahun ini. Diantaranya, rekomendasi hotel bagi jamaah. Kami mengingatkan jamaah harus siap kesehatan jasmani dan rohani. Karena ibadah haji ini sangat menguras fisik,” kata Muliardi.

Di penghujung acara, bank menyerahkan cenderamata kepada perwakilan nasabah jamaah Calon Haji yang diserahkan langsung oleh Pemimpin Divisi Dana dan Digital Banking, Imran didampingi oleh Branch Manager Pekanbaru Mohd Zamroni Fathoni dan Branch Manager Arifin Ahmad Marwan Setiadi.

Arlisman (55) dan Apatris (52) pasangan suami istri yang menerima cenderamata tersebut. Ia mengaku senang karena setelah penantian panjang, pada musim haji tahun ini (2024) bisa berangkat ke Tanah Suci Mekah.

“Kami sudah mendaftar 10 tahun yang lalu, sekitar tahun 2012, sewaktu masih berdomisili di Kabupaten Siak. Setelah memantapkan hati ke baitullah, lalu kami buka rekening tabungan haji di BRK Syariah karena memang sejak awal juga sudah dengan BRK Syariah, jadi untuk tabungan hajinya, ya sudah lah, lanjut di sini saja. Selama ini tak ada kesulitan, tak ada masalah,” jelasnya.

Jika melihat pada jadwal antrean, Arlisman dan Apatris seharusnya berangkat tahun 2021 lalu, namun karena pandemi, jadwal berangkat haji digeser ke 2024.

“Sekitar Juli tahun lalu kami diinfokan oleh Kemenag berangkat tahun ini, seluruh tahapan dipersiapkan. Alhamdulillah, kalau persiapan sudah semua, termasuk persiapan untuk anak-anak dan keluarga yang ditinggalkan. Harapannya, kami bisa fokus ibadah, dan selamat pergi hingga pulang nanti,” katanya.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Direktur Operasional BRK Syariah, Said Syamsuri, Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru, H Syahrul Mauludi, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Riau, H Imron Rosyadi, Dosen Pembimbing Haji Umrah, Ustad Dr Zulkarnain, Qori Provinsi Riau, Harri Muswen, Pemimpin Divisi Dana & Digital Banking BRK Syariah Imran dan sejumlah Pemimpin Divisi. (ADV)

x

Check Also

Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejaksaan Tinggi Banten Gelar Donor Darah dan Bakti Sosial

SERANG – Kejaksaan Tinggi (Kejati) mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ...