Home » Kabar Kota » Tidak Ada Gugatan, KPU Akan Tetapkan Firdaus-Ayat Sebagai Paslon Terpilih

Tidak Ada Gugatan, KPU Akan Tetapkan Firdaus-Ayat Sebagai Paslon Terpilih

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU¬†–¬†Pasangan Calon (Paslon) walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru nomor urut 3, Firdaus-Ayat Cahyadi akan ditetapkan sebagai Paslon Walikota dan walikota Pekanbaru priode 2017-2022 terpilih pada tanggal 8 Maret 2017.

Hal ini akan dilakukan setelah dipastikan tidak adanya gugatan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi sejak penetapan prolehan suara yang dilakukan oleh KPU Pekanbaru 22 Februari 2017 lalu.

Ketua KPU Pekanbaru, Amiruddin Sijaya mengatakan, sesuai dengan peraturan MK dijelaskan bahwa paling lambat sengketa Pilkada diajukan tiga hari setelah penetapan prolehan suara.

Namun, setelah tiga hari berlangsung tidak ada satu gugatan pun dari Paslon yang masuk ke MK.

“Kita Ketahui kita sudah lakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan dan penetapan suara. Kemudian Insya Allah tanggal 8 Maret nanti menetapan Paslon terpilih Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru,” jelasnya.

“Setelah kita tunggu selama tiga hari, Alhamdullilah tidak ada sengketa yang diajukan ke MA sehingga dapat kita pastikan sesuai dengan tahapan tanggal 8 Maret nanti kita tetapkan. Dalam tahapan itu waktunya 8-10 maret,” katanya.

KPU Pekanbaru juga akan berkoordinasi dengan DPRD Kota Pekanbaru untuk langkah selanjutnya berupa paripurna. “Nah, kalau sudah ketahap paripurna, itu bukan kewenangan KPU lagi, ” katanya.

Dalam hal penetapan Paslon KPU Pekanbaru juga akan tetap koordinasi dengan KPU Riau maupun KPU RI terkait dengan teknis pelaksanaan penetapan Paslon terpilih.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penetapan prolehan suara Pemilihan Walikota Pekanbaru paslon incumben Firdaus-Ayat Cahyadi unggul dengan mendapatkan suara terbanyak yakni 94.784 suara atau 33,17 persen.

HASIL RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI PENGITUNGAN DAN PENETAPAN PEROLEHAN SUARA PILWAKO PEKANBARU PRIODE 2017-2022

1. Paslon nomor urut 1. Syahril- Said Zohrin 22.202 suara (7,77 persen)

2Paslon nomor urut 2. Herman Nazar – Defi Warman 46.606 suara (16,31 persen)

3.Paslon nomor urut 3. Firdaus – Ayat Cahyadi 94.784 suara (33,17 persen)

4.Paslon nomor urut 4. M.Ramli – Irvan Herman 59.694 suara (20,89 persen)

5.Paslon nomor urut 5. Dastrayani Bibra – Said Usman Abdullah 62.501 suara (21,87 persen).

(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Oknum Polisi Diamankan Propam Polda Riau saat Bersama Wanita Lain di Kamar Hotel di Pekanbaru

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Seorang oknum polisi, yang diketahui berdinas di Kabupaten Kuansing, diamankan oleh anggota ...