Home » Politik » Rawan Karhutla, Menteri Siti akan Turunkan Helikopter ke Riau dan Kalimantan

Rawan Karhutla, Menteri Siti akan Turunkan Helikopter ke Riau dan Kalimantan

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, Yulwiriati Moesa tengah menunggu helikopter yang dijanjikan Menteri LHK, Siti Nurbaya untuk mendukung upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah kehutanan.

“Helikopter dari Kementerian LHK akan diturunkan ke Riau dan Kalimantan. Kami tengah menunggu itu,” kata Bu Yul (sapaan akrab Yulwiriati Moesa) saat mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Karhutla di ruang Kenanga, Kantor Gubernur Riau, pagi.Sehingga, kata Yul, dalam waktu dekat Dinas LHK dapat melakukan pencegahan menggunakan heli bantuan LHK. Salah satunya untuk membantu pencegahan dan penanggulangan karhutla di lokasi-lokasi yang sulit terjangkau.Diungkapkan Yul, Selasa (10/1/2017) lalu, ia meninjau langsung lokasi kebakaran hutan di Bukit Betabuh, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Hasilnya, ia mengetahui kondisi nyata di lapangan yang kesusahan dalam memadamkan kebakaran di daerah perbukitan.

“Kemarin saya sempat menggelar pertemuan usai melihat kondisi kebakaran di Bukit Betabuh. Kendala yang ditemui itu soal keterbatasan peralatan. Jadinya, tim pemadam kesulitan menjangkau titik-titik api yang ada di perbukitan,” tuturnya.Ia pun menggagas patroli terpadu kehutanan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Tak cuma itu, Dinas LHK akan menggerakan media center pemantau hotspot khusus untuk memudahkan mendeteksi karhutla di wilayah kehutanan.”Untuk memudahkan koordinasi dan pencegahan karhutla, kami juga akan membentuk media center pemantau hotpsot, pungkasnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Oknum Polisi Diamankan Propam Polda Riau saat Bersama Wanita Lain di Kamar Hotel di Pekanbaru

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Seorang oknum polisi, yang diketahui berdinas di Kabupaten Kuansing, diamankan oleh anggota ...