Home » Teknologi » Nokia Menantang Asisten Virtual Apple

Nokia Menantang Asisten Virtual Apple

PEKANBARUPOS.COM (PPC) – Selain Apple, beberapa perusahaan teknologi lainnya kini tengah mencoba mengembangkan virtual personal assistant, tak terkecuali Nokia. Minat Nokia terhadap teknologi asisten virtual ini terlihat dari pengajuan trademark di Uni Eropa untuk nama ‘Viki’.

Viki disinyalir merupakan nama dari suara aktif virtual personal assistant yang dikerjakan Nokia. Pada bagian deskripsi produk, Viki digambarkan sebagai software untuk penciptaan dan pemantauan mobile.

Selain itu, Viki juga digambarkan sebagai asisten web yang bekerja sama dengan pengetahuan digital dan menggabungkan semua sumber data ke chatting tunggal dan antarmuka berbasis suara.

Jika Viki merupakan asisten yang diaktifkan dengan suara baru, artinya ia akan memasuki pasar bersama dengan Siri, Google Assistant, Cortana, Alexa, dan Bixby. Sementara itu, Huawei sendiri telah mengumumkan bahwa mereka akan mencakup asisten pribadi Alexa pada ponsel andalan selanjutnya.

Nokia juga akan menantang Google menggunakan asisten yang bersaing pada handset Android baru. Meski begitu, ada kemungkinan Viki bukanlah asisten dan terkait dengan beberapa proyek lain yang sedang dikerjakan Nokia. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Oknum Polisi Diamankan Propam Polda Riau saat Bersama Wanita Lain di Kamar Hotel di Pekanbaru

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Seorang oknum polisi, yang diketahui berdinas di Kabupaten Kuansing, diamankan oleh anggota ...