Home » Lifestyle » 4 Hal yang Harus Kamu Biasakan Sebelum Tidur di Malam Hari

4 Hal yang Harus Kamu Biasakan Sebelum Tidur di Malam Hari

Setelah selesai melaksanakan kegiatan sehari-hari dari pagi hingga sore hari, seperti bekerja dan belajar, biasanya di malam hari dihabiskan dengan bersantai dan tidur. Hal tersebut untuk mengobati kelelahan selama ada seharian beraktivitas.

Namun demikian, ketika kamu hendak mau tidur, kegiatan apa yang biasa kamu lakukan atau sama sekali tidak melakukan apa-apa? Dalam kesempatan ini, menjadi layak bila kita mengetahui dan membiasakan diri untuk melakukan kegiatan-kegiatan sederhana sebelum tidur. Berikut 4 (empat) hal yang harus kita biasakan .

1. Berdoa

Begitu bermanfaat ketika sebelum tidur setiap orang itu menyempatkan waktu untuk berdoa. Sebelum tidur layak mengucapkan syukur kepada Tuhan atas nafas kehidupan dan kesehatan serta perlindungan yang telah diberikan satu hari buat kita. Juga kelancaran dalam bekerja sehingga tidak ada pekerjaan yang terbengkalai.

Bukan itu saja, kita berdoa agar dilindungi saat tidur di malam hari dan bisa bangun keesokan harinya dengan nafas yang segar dan semangat baru untuk beraktivitas kembali. Karena itulah, berdoa merupakan kegiatan yang harus kita biasakan sebelum tidur.

2. Membaca

Pernahkah kita membaca sebelum tidur? Mungkin hanya sebagian orang saja. Nah, ada orang yang sebelum tidur membiasakan diri untuk membaca, baik itu membaca buku maupun kita suci. Hal tersebut dibiasakan agar ada sesuatu yang diingat dan juga menambah pengetahuan yang bisa digunakan dalam kehidupan.

Bagi seorang siswa maupun mahasiswa, membaca buku di malam hari menjadi sesuatu yang dibiasakan agar ketika memulai pelajaran masih ada yang diingat dan mampu memahami pelajaran yang disampaikan guru maupun dosen.

3. Merenung

Biasanya yang direnungkan adalah kegiatan maupun pekerjaan yang sudah dilaksanakan hari ini dan yang akan dilakukan esok. Tujuannya adalah agar kita mengevaluasi diri dari pekerjaan yang sulit maupun belum mampu diselesaikan dan esok harinya akan diselesaikan dengan baik. Dalam hal ini, merenungkan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

4. Memeriksa kondisi rumah

Hal terakhir yang harus kita biasakan adalah memeriksa kondisi rumah. Harus dipastikan bahwa pintu rumah dan pagar sudah terkunci, kendaraan tidak ada yang hilang dan juga energi listrik yang tidak digunakan lagi segera dipadamkan.

Hal tersebut harus dibiasakan sebelum tidur agar tidak merugikan kita. Oleh karena itu, alangkah baiknya membiasakan diri dengan 4 (empat) hal tersebut dan bisa bermanfaat untuk kita. Semoga.

x

Check Also

Belanda Mendadak Setop Pakai Facebook, Ini Alasannya

Pemerintah Belanda mengumumkan pihaknya tidak akan menggunakan Facebook lagi di masa depan. Mereka beralasan tujuannya ...