Home » Kesehatan » Dengan Bahan Alami, Ini 11 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat

Dengan Bahan Alami, Ini 11 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat

PEKANBARUPOS.COM – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu, baik itu untuk wanita maupun pria. Sebab, jerawat bisa membuat rasa percaya diri menurun dan penampilan tidak maksimal.

Jerawat bisa muncul karena pori-pori di kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Setiap pori-pori terhubung ke kelenjar sebaceous yang menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Sebum ekstra dapat menyumbat pori-pori, yang kemudian menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Penyebab Jerawat
Banyak faktor yang dapat menimbulkan tumbuhnya jerawat pada kulit. Berikut penyebab jerawat yang paling umum terjadi:

1. Adanya perubahan hormon
2. Masa pubertas
3. Perawatan kulit yang salah
4. Malas mencuci muka atau justru terlalu sering mencuci muka
5. Faktor keturunan
6. Penggunaan kosmetik yang salah
7. Efek penggunaan obat-obatan tertentu
8. Paparan debu dan polusi, dan lainnya
9. Stres

Lalu, adakah cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu singkat tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar? Tentu saja ada. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, cara ini juga dapat dilakukan sendiri di rumah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan jerawat secara cepat dengan bahan alami.

1. Putih Telur
Kandungan enzim lysonzim yang terdapat di dalam putih telur ternyata mampu digunakan sebagai bahan yang ampuh dalam menghilangkan jerawat.

Caranya cukup mudah, pisahkan putih telur dari kuningnya, lalu bisa menambahkan air perasan lemon, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 – 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya
Lidah buaya mengandung antibakteri dan anti-inflamasi alami, yang dapat mengurangi munculnya jerawat dan mencegah timbulnya jerawat. Lidah buaya mengandung banyak air dan merupakan pelembab yang sangat baik, sehingga sangat cocok untuk orang yang memiliki kulit kering.

Caranya, ambil gel yang terdapat di dalam lidah buaya, kemudian gunakan seperti masker. Diamkan selama 20 – 30 menit setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

3. Madu
Madu telah digunakan untuk mengobati kondisi kulit, seperti jerawat, selama ribuan tahun. sebab, madu mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu membersihkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat.

Cara menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat, cukup dengan oleskan madu ke area wajah yang berjerawat, atau bisa tambahkan madu ke dalam masker wajah.

4. Timun
Selain memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, timun juga memiliki kandungan vitamin dan asam amino di dalamnya. Yang mana kandungan tersebut dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Caranya cukup gunakan masker timun pada kulit berjerawat secara teratur.

5. Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa organosulfur yang memiliki efek antibakteri dan antiinflamasi yang dinilai mampu membantu menghilangkan jerawat. Senyawa organosulfur juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Caranya, ambil 1 siung bawang putih, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Tunggu sampai 15 menit kemudian bersihkan.

6. Teh Hijau
Teh hijau sangat tinggi antioksidan, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan. Hal ini juga dapat membantu mengurangi jerawat. Sebab, polifenol dalam teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Cara menggunakannya, yaitu seduh teh terlebih dulu dengan air panas, kemudian diamkan beberapa saat hingga agak dingin. Setelah itu, dengan menggunakan kapas, oleskas teh hijau ke wajah yang berjerawat atau masukan teh hijau ke botol semprot untuk disemprotakan ke wajah.

7. Air Lemon
Lemon yang memiliki kandungan asam askorbat ini sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel pada kulit. Selain itu, buah ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat pada kulit.

Caranya, ambil 1 buah lemon lalu peras. Setelah itu, airnya bisa langsung dioleskan pada wajah yang berjerawat. Tunggu 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

8. Cuka Apel
Kandungan antiseptik alami yang terdapat dalam cuka apel mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika mau menggunakannya secara rutin, maka masalah seperti kulit berjerawat pun dapat diatasi dengan mudah dan cepat.

Caranya, ambil 1 – 2 sendok cuka apel kemudian oleskan ke bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas bersih. Setelah itu, diamkan selama 2 – 5 menit dan bilas dengan air bersih.

9. Alpukat
Tak heran jika alpukat sering digunakan sebagai masker wajah, karena kandungan vitamin E dalam alpukat mampu membuat kulit menjadi lembut dan mampu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

Caranya, ambil daging buah alpukat. Kemudian haluskan hingga membentuk masker, setelah itu bisa tambahkan 1 sendok madu. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 20 – 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

10. Kulit Jeruk
Bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, ternyata kulit jeruk juga memiliki kandungan vitamin A dan C serta flavonoid yang dipercaya mampu digunakan sebagai cara alami menghilangkan jerawat batu pada kulit wajah.

Untuk menggunakannya, jemur kulit jeruk hingga kering. Setelah itu tumbuk hingga halus. Tumbukkan kulit jeruk tadi bisa ditambahkan sedikit air. Kemudian oleskan pada wajah seperti masker. Diamkan selama 15 – 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

11. Minyak Kelapa
Seperti obat alami lainnya, minyak kelapa mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri. Sifat-sifat ini dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan jerawat. Minyak kelapa juga dapat mempercepat penyembuhan luka jerawat yang terbuka.

Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa murni langsung ke area yang berjerawat. Tunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Seiring dengan pengobatan rumahan, perubahan gaya hidup tertentu dapat memiliki efek yang kuat untuk menjaga kesehatan tubuh, membuat kulit tidak terlalu berminyak, dan mengurangi munculnya jerawat.

Perubahan gaya hidup untuk memperbaiki jerawat meliputi:

1. Jangan pernah menyentuh jerawat
2. Memilih pembersih wajah yang tepat
3. Setelah menggunakan makeup jangan lupa bersihkan wajah hingga bersih
4. Menggunakan perawatan kulit bebas minyak
5. Tetap terhidrasi
6. Mengurangi stres

Source : detik.com

x

Check Also

Primepark Hotel Pekanbaru Hadirkan Promo Indonesia Merdeka Sambut HUT RI 

PEKANBARUPOS.COM, PEKANBARU – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan menginjak usia 77 tahun pada 17 ...