Home » Ekonomi Bisnis » Kasus Tundingan Uang Rupiah Di Cetak Swasta Masuk Ke Penyidikan

Kasus Tundingan Uang Rupiah Di Cetak Swasta Masuk Ke Penyidikan

PEKANBARUPOS.COM (PPC),JAKARTA – Penyelidikan kasus pencemaran nama baik dan pelanggaran UU ITE terkait isu rupiah tahun emisi 2016 dicetak pihak swasta masuk babak berikutnya. Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri menaikkan status kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan.

“Sudah sidik. Hari Kamis (29 Desember) sudah naik,” kata Direktur Tipideksus Brigjen Agung Setya saat dikonfirmasi.

Bank Indonesia (BI) dan Perum Peruri melaporkan akun Facebook yang menyebutkan uang rupiah tahun emisi 2016 dicetak pihak swasta, Rabu 28 Desember 2016. Pada akun itu, disebut pencetakan uang rupiah tahun emisi tahun 2016 dilakukan PT Pura Barutama.

Agung mengatakan, pihaknya sudah melakukan penyidikan terhadap akun-akun Facebook yang diduga melakukan pencemaran nama baik dengan mengembuskan isu tidak benar itu. Sayangnya, dia enggan merinci akun milik siapa saja yang dimaksud.

“Nanti saya pastikan dulu. Intinya kami sudah melakukan penyidikan akun Facebook,” jelas dia.

Sebelumnya, BI menegaskan, pencetakan uang rupiah dilakukan Perum Peruri. Hal itu sesuai Undang-undang (UU) Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, yang menyebut seluruh uang rupiah dicetak Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu Perum Peruri.

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Yudi Harymukti mengatakan, kabar yang beredar di media sosial mengenai pencetakan uang rupiah tahun emisi 2016 oleh pihak swasta tidak benar. Pencetakan, kata dia, juga sesuai dengan yang diminta oleh bank sentral.

“Kami tegaskan, sesuai dengan amanat UU pencetakan dilkakukan BI, kemudian pelaksanaan pencetakan dilakukan oleh BUMN yang bertugas mencetak uang rupiah, dalam hal ini peruri,” kata dia di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Kabar tak sedap soal uang rupiah baru di media sosial bukan hal yang baik. Apalagi, penerbitan uang baru dikaitkan dengan adanya hubungan dengan pemerintah Tiongkok.

“Terkait beberapa isu yang menyatakan bahwa ada percetakan di luar, dapat kami tegaskan tidak benar karena seluruh uang kita dicetak oleh Perum Peruri, tidak ada uang yang dicetak di luar Peruri,” jelas dia. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Oknum Polisi Diamankan Propam Polda Riau saat Bersama Wanita Lain di Kamar Hotel di Pekanbaru

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Seorang oknum polisi, yang diketahui berdinas di Kabupaten Kuansing, diamankan oleh anggota ...