Home » Kabar Kota » Menipu, Mantan Kapolsek Diadili

Menipu, Mantan Kapolsek Diadili

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Komisaris Polisi Syamsurizal, mantan Kapolsek Rumbai, yang terakhir bertugas di Sekolah Kepolisian Negara Pekanbaru, Kamis, diadili di Pengadilan Negeri Pekanbaru. Ia didakwa telah melakukan penipuan dengan menjanjikan Fauzan lulus polisi tahun 2014 lalu.
Dihadapan majelis hakim yang diketuai Martin Gunting SH, terdakwa Syamsurizal mengakui ada menerima uang sebesar Rp175 juta dari orangtua Fauzan. Uang itu diterimanya secara bertahap pada sekitar bulan Maret 2014 lalu. Tahap pertama uang diterima sebesar Rp100 juta dan tahap kedua sebesar Rp75 juta.
Uang tersebut menurut terdakwa untuk diberikan untuk membantu meluluskan Fauzan menjadi polisi. Namun kenyataannya Fauzan tidak lulus dan uang tidak dikembalikan. Lebih lanjut terdakwa Syamsurizal mengakui bahwa dirinya juga ada memimta uang kepada korban lain yakni Ibrahim, untuk membantu meluluskan menjadi polisi, namun yang bersangkutan juga tidak lulus seleksi.
Pada kesempatan tersebut, terdakwa Syamsurizal mengaku menyerahkan uang sebesar Rp100 juta tersebut kepada seseorang yang bernama Suparjo di Jakarta yang mengaku bertugas di Mabes Polri. Uang tersebut menurutnya diserahkannya di salah satu penginapan di Jakarta, ketika dirinya berangkat ke Jakarta.
Ia mengaku kenal dengan Suparjo ketika pendidikan di Jakarta. Namun belakangan diketahui bahwa tidak ada Suparjo yang bertugas di Mabes Polri.
Namun ketika ditanya jaksa apa ada bukti dan saksi bahwa uang tersebut diserahkan kepada Suparjo, terdakwa Syamsurizal mengaku tidak memilikinya.
Usai mendengarkan keterangan terdakwa, sidang kemudian ditunda dan akan dilanjutkan Kamis mendatang dengan agenda mendengar tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengembangan Ekowisata di Wakatobi Wujud Sinergi Jasa Raharja Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

PEKANBARUPOS.COM, JAKARTA – Jasa Raharja bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mendukung pengembangan ...