Home » Kabar Kota » Demi Kepentingan Umum, DPRD Rohul Minta PT Padasa Bebaskan Lahan untuk Tol Listrik

Demi Kepentingan Umum, DPRD Rohul Minta PT Padasa Bebaskan Lahan untuk Tol Listrik

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Pembangunan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV milik PLN di Kabupaten Rokan Hulu hingga saat ini masih belum bisa terlaksana. Hal ini dikarenakan 18 titik tapak tower yang berada di lahan PT Padasa belum dibebaskan. Padahal ini untuk kepentingan umum masyarakat.Anggota DPRD Rokan Hulu, Yetni Jhon Hendri mengatakan, tidak ada alasan bagi pihak PT Padasa untuk tidak membebaskan lahan mereka, tepatnya di lokasi tapak tower yang akan dibangun tersebut.œIni menyangkut kepentingan masyarakat banyak. Harusnya kepentingan masyarakat banyak diutamakan,” kata Jhon.Oleh karena itu, menurut Jhon pihaknya akan melakukan komunikasi dengan pemerintah setempat. Karena pemerintah daerah memiliki peran yang cukup penting untuk bisa meminta pada pihak perusahaan membebaskan lahan.

œKami akan segera komunikasikan hal ini dengan pihak pemerintah, agar jangan terlalu lama proses pembangunan listrik ini menunggu. Karena ini demi pembangunan daerah kita,ujarnya.Bagi Jhon, peningkatan pasokan arus listrik ke Rokan Hulu oleh pihak PLN merupakan hal yang sangat penting dan sangat didukung oleh pihak DPRD Rokan Hulu. Apalagi saat ini menurutnya masih cukup banyak daerah yang belum dialiri listrik di Kabupaten Rokan Hulu.Bahkan, di daerah pemilihannya Kecamatan KepenuhanM Dari 16 desa yang ada, 7 desa di antaranya masih belum dialiri listrik hingga saat ini. Tidak hanya itu, persoalan listrik byarpet yang selama ini meresahkan warga Rokan Hulu, tentunya akan dapat diantisipasi dengan peningkatan pasokan listrik di daerah tersebut.“Kami tentunya sangat mendukung rencana ini. Karena dengan meningkatnya pasokan listrik di Rohul, pastinya daerah-daerah terpencil yang belum dialiri listrik, nantinya akan bisa dialiri listrik,” tutur Jhon,Manajer Area PLN Pekanbaru, Kemas Abdul Gaffur mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu mediasi dan negosiasi yang akan dilakukan oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu.“Untuk pembangunan SUTT 150 KV, tinggal 18 tapak lagi yang berada di PT Padasa. Kalau sudah selesai dibebaskan bisa segera dibangun dan beroperasi. Selanjutnya kami tinggal menyambungkan evakuasi jaringan tegangan menengah 20 KV dari Gardu Induk Pasir Pengaraian menuju seluruh desa dan pelosok Rohul,” kata Kemas.Pihaknya sangat berharap dukungan dari Pemkab Rohul agar segera melakukan negosiasi dengan PT Padasa sehingga pembangunan transmisi bisa dilanjutkan.“Informasinya negosiasi antara pemerintah dengan PT Padasa akan berlangsung dalam waktu dekat. Semoga pertengahan Maret ini tuntas. Peran strategis dan penting dari pemerintah ini benar-benar kita harapkan,” ujarnya.Hal ini tambah Kemas juga salah satu bentuk sinergi pemerintah daerah dengan BUMN dalam hal ini PLN. Penyambungan transmisi SUTT 150 KV akan berdampak positif bagi pembangunan di Rohul di berbagai sektor.“Kalau transmisi sudah jadi, program pembangunan yang direncanakan pemerintah bisa mudah dan lancar dilaksanakan. Mudah-mudahan ini semua bisa terealisasi pada Mei 2017 ini, imbuhnya.Sementara itu, hingga saat ini menurutnya untuk pasokan listrik ke Rohul masih menggunakan mesin pembangkit listrik yang disewa. Malah tidak lama lagi masa sewanya akan berakhir. Jika masih belum bisa diselesaikan, tentu sewa mesin akan diperpanjang kembali.“Kalau selesai pada Mei 2017, maka kami tidak perlu perpanjang masa sewa mesinnya. Pastinya kami bisa berhemat dan efisiensi dari sisi operasional. Ketika sudah selesai, maka supply dari PLTD tersebut kami akan langsung manuver ke GI Pasir Pengaraian nantinya, tutur dia.Target penyelesaian Mei nanti juga untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik di Rohul dalam menghadapi Ramadhan. Apalagi pembangunan ini masuk dalam mega proyek percepatan 35 ribu MW (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengembangan Ekowisata di Wakatobi Wujud Sinergi Jasa Raharja Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

PEKANBARUPOS.COM, JAKARTA – Jasa Raharja bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mendukung pengembangan ...