Home » Kabar Kota » HKTI Kumpulkan Donasi Untuk Korban Banjir Riau-Sumbar

HKTI Kumpulkan Donasi Untuk Korban Banjir Riau-Sumbar

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Riau mengumpulkan donasi dari anggotanya untuk membantu warga yang menjadi korban banjir di Riau dan juga Provinsi Sumatera Barat.
“Bantuan ini diharapkan bisa meringankan saudara kita yang terkena banjir di Riau dan Sumbar. Terutama yang akan dibantu para petaninya,” kata Wakil Ketua HKTI Provinsi Riau, Zulkarnain Kadir kepada Antara di
Pekanbaru, Jumat.
Ia mengatakan penggalangan dana tersebut bersifat spontan, Ketua HKTI Riau Arsyadianto Rachman menyebarkan informasi tersebut melalui grup internal pengurus.
“Dalam waktu satu jam terkumpul donasi Rp2,5 juta. Pengumpulan donasi akan dibuka selama tiga hari,” ujarnya.
Ia mengatakan hasil donasi akan digunakan untuk membeli makanan, obat-obatan dan yang lainnya untuk korban banjir. “Rencananya akan kami serahkan langsung supaya tepat sasaran,” katanya.
Banjir selama beberapa hari terakhir sudah melanda beberapa kabupaten di Riau, seperti Pelalawan, Kuantan Singigi dan juga Kampar. Bahkan, banjir Kampar berpeluang meluas karena banjir kiriman dari Provinsi Sumbar.
Banjir di Sumbar, tepatnya di Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota, menyebabkan jalan yang menghubungkan ke Riau terputus akibat digenangi air dan juga longsor. Dampak dari bencana ini juga membuat bantuan sulit disalurkan.
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meminta bantuan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, untuk membantu penanggulangan bencana banjir dan lonsor di Kecamatan
Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluh Kota.
“Kita sudah berusaha untuk masuk ke daerah bencana, tetapi terhambat oleh beberapa titik longsor. Terpaksa kita minta bantuan BPBD Kampar yang kemungkinan memiliki akses lebih baik ke daerah bencana,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pagar Negara di Padang, Jumat.
Menurutnya, sekarang BPBD bersama pihak terkait sedang berupaya untuk membersihkan material longsor menggunakan alat berat agar bisa masuk ke lokasi banjir untuk membantu masyarakat.
“Total ada sembilan titik longsor yang menghalangi upaya bantuan ke Pangkalan Koto Baru dan kapur IX,” katanya. (adv)

Leave a Reply

x

Check Also

Tsunami Terjang Jepang Imbas Gempa Dahsyat Taiwan, 3 Wilayah Kena

Tsunami dilaporkan menerjang Jepang, Rabu (3/4/2024) pagi, saat gempa mengguncang Taiwan. Ini terlihat di tiga ...