Home » Kabar Kota » Warga Kampar Diminta Waspadai Banjir Kiriman Dari Sumbar

Warga Kampar Diminta Waspadai Banjir Kiriman Dari Sumbar

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Pemerintah Kabupaten Kampar mengeluarkan pengumuman kepada masyarakat untuk mewaspadai banjir kiriman dari Provinsi Sumatera Barat, yang diperkirakan akan mulai terjadi pada Jumat siang akibat dibukanya pintu waduk PLTA Koto Panjang ke Sungai Kampar.

“Di daerah hulu seperti Kecamatan Pangkalan di Sumatera Barat sekarang sudah banjir. Aliran air makin deras masuk ke waduk PLTA Koto Panjang dan diinformasikan kemungkinan akan dibuka pada siang ini,” kata Penjabat Bupati Kampar, Syahrial Abdi, ketika dihubungi Antara di Pekanbaru, Jumat.

Kecamatan Pangkalan Kabupaten 50 Kota, Provinsi Sumatera Barat, kini sudah dilanda banjir dan alirannya mengarah ke Sungai Kampar. Menurut Syahrial, berdasarkan informasi dari PT PLN, pada pukul 08.00 WIB ketinggian air diwaduk PLTA Koto Panjang sudah mencapai 80,48 mdpl (meter di atas permukaan laut).  atas maksimal daya tampung waduk adalah pada elevasi 82 mdpl.

PLN mengumumkan karena pertimbangan kondisi hulu PLTA mengalami kenaikan air dengan intensitas curah hujan tinggi, maka pintu air direncanakan dibuka pada pukul 14.00 WIB.

Dengan dibukanya pintu air, maka kenaikan air dibangian hilir Sungai Kampar diperkirakan akan meningkat berkisar 30 hingga 50 centimeter.

“Sehubungan dengan rencana pembukaan pintu Air PLTA pada pukul 14.00 hari ini, maka mohon disebarluaskan informasi kepada  masyarakat untuk selalu waspada terhadap kenungkinan terjadi arus deras dan kenaikan elevasi air pada sepanjang aliran Sungai Kampar, yang berakibat terendamnya beberapa desa pada dataran rendah,” katanya.

Masyarakat juga diminta untuk mengurangi aktivitas disepanjang sungai, menjaga dan mengamankan aset peternakan, perikanan yang ada disepanjang sungai.

“Masyarakat diminta tidak panik berlebihan dan harap tetap tenang, dan selalu mengikuti perkembangan informasi,” katanya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Primepark Hotel Pekanbaru Hadirkan Promo Indonesia Merdeka Sambut HUT RI 

PEKANBARUPOS.COM, PEKANBARU – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan menginjak usia 77 tahun pada 17 ...