Home » Kabar Kota » Andalkan Operasi Udara, Akhir Bulan Ini BNPB Kirim 2 Helikopter Bom Air ke Riau

Andalkan Operasi Udara, Akhir Bulan Ini BNPB Kirim 2 Helikopter Bom Air ke Riau

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Willem Rampangilei mengatakan, paling lambat akhir bulan Februari 2017, pihaknya akan mengirimkan dua helikopter ke Provinsi Riau.Helikopter tersebut ditujukan untuk membantu upaya pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Nantinya heli itu dipakai untuk patroli udara serta operasi bom air (Water Bombing) di titik lokasi kebakaran.”konsep operasi kita salah satunya dari udara, mulai dari patroli, water bombing dan hujan buatan. Helikopter sedang kita proses, ada dua yang akan kita standby kan di Riau, dan akhir bulan ini kita kirimkan,” sebutnya.Kepastian ini disampaikan Kepala BNPB dalam kesempatannya berkunjung ke Pekanbaru. terkait pencegahan Karlahut di Riau. Sebelumnya, BNPB juga sudah menurunkan bantuan peralatan untuk tim darat.

Operasi udara ini penting, karena medan yang ditempuh cukup luas, dan sulitnya akses yang harus ditempuh tim darat bila titik api muncul. Dengan adanya helikopter, bom air dapat dilakukan dengan cepat, sebagai antisipasi awal agar api tidak meluas.”Untuk 2017, Riau ini rawan saat akhir Februari, lalu Juni juga. Ini harus kita antisipasi sejak awal. Tugas kita masih panjang setahun ini. Tingkatkan kewaspadaan agar Riau bebas asap di 2017,” ucapnya usai Apel Gabungan di halaman Kantor Gubernur Riau.Dengan tambahan dua helikopter tersebut, artinya kekuatan udara Riau untuk operasi antisipasi Karlahut makin maksimal, sebab sebelumnya sudah terparkir satu helikopter dari KemenLHK yang difungsikan untuk patroli. Maka sudah tiga heli yang siap dikerahkan nanti.Adapun Apel yang digelar Jumat pagi tadi tersebut juga dihadiri pula oleh Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Lodewyk Pusung, Gubernur Riau, Kapolda, Danrem 031 Wirabima dan Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Oknum Polisi Diamankan Propam Polda Riau saat Bersama Wanita Lain di Kamar Hotel di Pekanbaru

PEKANBARUPOS.COM (PPC),PEKANBARU – Seorang oknum polisi, yang diketahui berdinas di Kabupaten Kuansing, diamankan oleh anggota ...